18 Trik Cara Mendesain Tampak Depan Bangunan Rumah Minimalis

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah

Ada begitu banyak orang yang merasa kesulitan ketika tiba di bagian mendesain tampak rumah, bukan karena tidak ada ide, namun justru terlalu banyak ide sehingga pikiran mereka menjadi overload ide. Di jaman sekarang gambar-gambar desain rumah bisa begitu mudah didapatkan di mana-mana baik di majalah, tabloid, internet, brosur perumahan, dsb, dan kebanyakan orang hanya suka mengkoleksi gambar-gambar tersebut untuk mencoba menerapkannya pada bangunan rumahnya kelak. Namun karena bingung mau mulai menggambar dari mana, mereka akhirnya menyerah dan menundanya sampai batas waktu yang tidak jelas.

Sebelum saya mulai mengajarkan pada anda cara mendesain tampak, ada baiknya saya berikan dulu definisi mengenai tampak rumah karena banyak orang yang masih rancu membedakan tampak biasa dengan tampak 3 dimensi.

Tampak rumah = pandangan rumah dari depan secara 2 dimensi. Pada pandangan ini, gambar rumah tidak terlalu terlihat hidup karena sudut pandangnya terbatas.

contoh-atap-01

contoh tampak depan 2 dimensi

Tampak rumah 3 dimensi = pandangan perspektif rumah bisa dari berbagai sudut pandang. Dengan pandangan ini rumah jadi terlihat lebih hidup

contoh-atap-02

contoh tampak 3 dimensi

Baiklah…saya akan memulai tahapan-tahapan dalam mendesain tampak rumah.
Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan kalau anda ingin mendesain sendiri tampak depan rumah anda:
1. Kumpulkan semua gambar referensi yang anda punya dan mulai mememilah-milah desain mana yang menurut anda sesuai dengan rumah anda. Kalau rumah anda 1 lantai, tentu pilihlah gambar rumah yang satu lantai, begitu juga kalau rumah anda 2 lantai.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-01

Kumpulkan semua gambar referensi yang anda punya dan mulai mememilah-milah sesuai

2. Dari beberapa alternatif desain, pilihlah desain mana saja yang menurut anda menarik dan bisa diterapkan ke rumah anda, entah itu karena ada bagian atapnya yang menarik, bagian teras yang unik, desain pintu dan jendela yang yang sedang trend, dst.
3. Dari gambar yang sudah anda pilih, carilah gambar rumah yang denahnya sesuai dengan denah rumah anda. Yang saya maksud adalah bukan sama persis, melainkan gambar denah yang lebar depannya sama. Misalkan denah rumah anda memiliki lebar 8 m yang terdiri dari 3 meter kamar tidur, 3 meter ruang tamu, dan 2 meter dapur,…maka anda harus mencari gambar rumah yang denah ruangan bagian depannya memiliki komposisi yang sama atau hampir mirip. Kalau anda belum punya gambar referensi, anda bisa klik di bawah ini

koleksi-gambar-desain-rumah-minimalis

Koleksi Gambar Rumah Minimalis Berdasarkan Lebar Lahan Depan


4. Mulailah menggambar atap berdasarkan denah rumah yang telah anda desain
Salin dulu gambar denah anda pada selembar kertas yang agak lebar. Lalu gambarlah garis vertikal di sebelah kiri denah anda. Tarik garis dinding terluar dari denah anda ke arah kiri, dan mulai gambar dengan panjang 3 cm (kalau 1m=1cm). 3 meter adalah tinggi standar dinding rumah tinggal. Lalu gambar garis atap dengan kemiringan 35 derajat dari masing dinding depan dan belakang. Maka akan ketemu pertemuan garis atap yang merupakan tinggi atap sebenarnya. Ini akan berfungsi sebagai penentu tinggi atap pada gambar tampak depan. Jangan lupa untuk meneruskan garis atap (sosoran) yang berjarak 0,7m dari dinding terluar bangunan. Kalau anda menginginkan berjarak 1 meter, tentu saja dibolehkan.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-02cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-03
5. Menggambar tampak depan
Setelah menggambar tampak samping, kita akan membuat gambar tampak depan dengan berdasarkan referensi ukuran tampak samping. Tarik garis horisontal yang merupakan alas/ bagian bawah rumah. Lalu tarik garis bantu untuk menggambar dinding terluar bangunan. Lalu dengan melihat tampak samping, maka kita akan menemukan ketinggian dinding, atap dan bangunan secara keseluruhan.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-04

6. Menggambar garis atap pada tampak depan
Karena atap yang ditentukan adalah palana, maka tarik atap tengah ke samping kanan dan kiri untuk sosoran untuk tampias hujan. Jaraknya bisa bervariasi menurut selera, namun di sini saya contoh-kan selebar 70 cm.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-05

7. Memodifikasi Bentuk atap
Susuai dengan referensi desain yang ada, kita akan menyamakan model desain atap agar sesuai dengan yang kita inginkan.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-06

8. Menambahkan atap teras
Saya menambahkan teras selebar 1 meter ke depan dengan tinggi 3,5 meter

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-07

9 Menggambar tampak depan berdasarkan tampak samping yang sudah di-modifikasi
Baiklah kita akan menggambar tampak depan sesuai gambar tampak samping. Tarik garis tipis dari tampak samping untuk panduan menentukan ketinggian atap yang baru dan teras depan.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-08

10. Menambahkan lisplank atap
Saya mulai memperindah tampilan tampak depan dengan menambahkan garis lisplank. Jarak standar lisplank ke genting adalah 20 cm (kayu 2/20).

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-09

11. Menggambar pintu, jendela, bubungan atap serta dinding batas samping kanan-kiri
Untuk desain pintu dan jendela jangan terlalu dipikirkan, buat saja yang sederhana. Ada waktu untuk memodifikasinya nanti. Di sini yang harus diprioritaskan adalah gambar tampak harus selesai dulu agar timbul kepercayaan diri pada anda. Jangan terlalu idealis dulu, akan ada banyak waktu untuk merubah desain-nya.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-10

12. Mendetailkan gambar pintu dan jendela dengan daun pintu dan jendela
Mulai menarik garis untuk ketebalan kusen dengan jarak 6mm karena ketebalan kusen umumnya adalah 6 cm. gambar pula daun jendela dan daun pintu. Daun jendela saya tentukan ketebalan-nya 10mm.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-11

13. Mengarsir tampak depan
Agar lebih terlihat lebih hidup, tambahkan arsiran genting pada atap, dan tekstur pada dinding teras serta simbol arsiran kaca.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-12

Jasa Desain Tampak Rumah dan Bangunan

14. Memodifikasi tampak depan
Jika anda masih tidak puas dengan desain pertama anda, inilah saatnya memodifikasinya sesuai selera anda. Mungkin anda melihat ada bentuk atap teras menarik dari gambar majalah/ brosur, atau mungkin jendela dan pintu yang unik dan anda sukai. Coba terapkan pada desain anda, apakah bertambah bagus atau malah sebaliknya. Kalau masih belum pas, coba ganti lagi. Memang tahapan ini akan banyak memakan waktu. Ini merupakan hal yang wajar dan memang arsitek yang profesional sekalipun masih saja harus melakukan modifikasi desain. Kalau anda belum punya ide, coba lanjutkan lain waktu. Mungkin besok pagi anda akan mendapatkan ide ketika pikiran masih segar. Sekali lagi ini hal wajar dan jangan terlalu dipaksakan.
Coba ganti desain atap teras sesuai selera anda. Ganti juga desain daun pintu dan jendela dan kombinasikan dengan tekstur pada dinding. Buat kisi-kisi untuk teras agar hujan dan sinar matahari bisa tersaring.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-13

15. Membuat gambar sketsa 3 dimensi
Anda bisa mecoba membuat gambar sketsa 3 dimensi untuk memperjelas desain anda. Konsultasikan dengan keluarga atau teman anda, apakah mereka bisa memberikan masukan. Gambar 3 dimensi akan mempermudah pemahaman setiap orang tentang bentuk rumah secara keseluruhan.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-14
17. Menggambar 3 dimensi rumah lewat komputer
Kalau anda bisa program Sketchup, anda bisa langsung menggambar 3 dimensi-nya. Program ini sangat mudah digunakan dan dipelajari baik awam sekalipun. Hebatnya lagi, program ini bisa anda download gratis di internet.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-15
18. Kalau anda bisa program 3d Studio Max dan Photoshop, mungkin bisa anda coba seperti gambar di bawah ini.

cara-mendesain-tampak-bangunan-rumah-16

Dengan komposisi nuansa warna maskulin

Menggambar tampak rumah memang bagian yang cukup menantang dan diperlukan kreatifitas luar biasa. Lakukan trial-error terus menerus pada tampak rumah anda agar bisa mendapatkan desain yang anda dan keluarga inginkan. Jangan terlalu berpikir yang rumit, mulailah dengan tampak yang sederhana agar anda bisa langsung memulainya.

Setelah anda selesai menggambar, tahapan selanjutnya adalah menghubungi jasa kontraktor rumah terbaik pilihan anda agar rumah impian anda bisa segera terbangunDVD gambar rumah minimalis

Incoming search terms:

  • cara menggambar rumah
  • tampak depan rumah minimalis lebar 10 meter
  • cara menggambar bangunan
  • tampak depan rumah minimalis 2 lantai lebar 6 meter
  • sketsa bangunan
  • rumah minimalis tampak depan samping belakang
  • sketsa gedung
  • cara menggambar sketsa bangunan
  • tinggi rumah minimalis

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *