Trik Ampuh Memilih Arsitek Desain Rumah Berkualitas

cara-mencari-arsitek-rumah-tinggal

Memilih arsitek memang pekerjaan yang gampang-gampang sulit. Tapi anda harus menemukan arsitek yang tepat agar anda tidak membuang waktu menunda pelaksanaan rumah anda. Saya sudah mebahasnya di artikel Mengapa Memakai Jasa Arsitek Untuk Desain Rumah? Menemukan seorang arsitek yang tepat mungkin seperti mencari rekan kerja. Anda dan si arsitek harus nyaman dalam berkomunikasi.

Hal ini penting untuk membina hubungan yang lebih dalam agar anda dan si arsitek bisa saling memahami kebutuhan masing-masing. Anda ingin si arsitek menerjemahkan ide-ide anda dalam bentuk desain, dan si arsitek ingin anda mencurahkan semua hal yang dibutuhkan sebagai pertimbangan desain. Menemukan arsitek yang tepat bisa jadi merupakan pekerjaan yang lama, tapi jika anda sudah menemukan yang tepat, kendala-kendala yang mungkin muncul bisa saja dihindari. Berikut tips bagaimana mencari arsitek yang tepat:

  1. Bertanyalah pada sahabat dan saudara apakah mereka bisa merekomendasikan aristek untuk rumah anda. Kalau sahabat anda merasa cocok dengan arsitek yang pernah mendesain rumahnya, tentu mereka akan dengan senang hati merekomendasikannya pada anda. Anda bisa bertanya pada sahabat anda tentang apa saja yang harus dilakukan ketika menggunakan jasa seorang arsitek dan apa saja yang harus disiapkan.
  2. Jangan terburu-buru. Kalau sahabat dan saudara anda tidak bisa merekomendasikan dan belum menemukan yang cocok karena berbagai hal, anda bisa mencarinya di iklan surat kabar, majalah bahkan internet. Ketikkan di google kata “arsitek jakarta” atau “desain rumah”, dsb. Dari sekian banyak website yang muncul di google, coba kunjungi satu persatu, mungkin anda akan menemukan yang cocok.
  3. Ketika sudah menemukan yang cocok, coba hubungi mereka dan tanyakan apakah mereka bisa membantu anda. Tanyakan pada mereka apa anda bisa bertemu untuk berdiskusi mengenai perencanaan rumah anda. Kalau perlu, interview calon arsitek secara informal atau kecil-kecilan aja berdasarkan kebutuhan yang sudah anda catat di catatan kecil.
  4. Komunikasikan keinginan anda sejelas mungkin. Tunjukkan gambar-gambar referensi yang telah anda kumpulkan dari majalah tentang desain yang anda inginkan. Beritahukan ukuran lahan anda dan kebutuhan ruang yang anda inginkan mulai dari berepa kamar tidur, kamar mandi, ukuran ruang tamu, ruang keluarga, taman, dll.
  5. Jangan ragu untuk menanyakan berapa fee jasa yang harus dibayar untuk mendesainkan rumah anda. Lain arsitek lain pula harga yang ditetapkan, semakin mahal biasanya tingkat kompetensi dan pengalamannya cukup tinggi dan mereka tidak mau dibayar murah.
  6. Sesuaikan budget anda yang dialokasikan khusus untuk perencaaan rumah. Apabila rumah yang akan anda bangun berukuran kecil, mungkin kurang perlu menyewa arsitek mahal. Tapi kalau rumah yang anda bangun cukup besar, maka anda sebaiknya membayar arsitek yang cukup memiliki kompetensi dan pengalaman agar rumah anda tidak amburadul.
  7. Pilih lebih dari satu arsitek sebagai pertimbangan anda dalam memutuskan secara obyektif. Pertimbangkan apakah fee yang ditetapkan sesuai dengan kompetensi mereka.
  8. Seleksi satu persatu dari arsitek yang anda pilih. Datanglah ke kantor mereka, apakah mereka benar-benar memiliki kantor yang layak.
  9. Mintalah arsitek tersebut untuk menunjukkan pada anda portfolio atau proyek-proyek yang telah dikerjakan sebelumnya.

Mencari arsitek yang tepat adalah awal langkah anda dalam membangun rumah yang sesuai keinginan anda dan keluarga. Butuh sedikit pengorbanan memang, tapi yakinlah ini akan sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan. Selamat mencari arsitek untuk bangun rumah anda.

Incoming search terms:

  • arsitek terbaik rumah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *