Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tips Hemat Membangun Rumah Tinggal Idaman Anda

tips-hemat-membangun-rumah

Tips hemat membangun rumah memang sangat diperlukan bagi seseorang yang ingin membangun sebuah rumah yang nyaman dengan budget terbatasi. Tapi kadang-kadang, hal itu tidak dapat dilakukan karena terbentur dengan waktu dan biaya.
Untuk membangun rumah tentu saja biaya yang dibutuhkan tidak kecil, terlebih jika Anda ingin membangun rumah mewah yang besar. Jangan khawatir karena ada cara efektif biaya untuk membangun rumah.
Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ini adalah tips hemat membangun rumah untuk membangun rumah idaman anda:

1. Pastikan ukuran pekerjaan bangunan
Pastikan ukuran bangunan Anda merupakan angka genap atau bahan kelipatan panjang bahan bangunan. Ideal untuk besi baja, biasanya memakai ukuran ‘meter’, 6 meter dan 9 meter. Adapun beton, kelipatan 4 meter adalah angka efektif. Untuk melakukan hal ini, pastikan ukuran rumah yang akan dibangun sesuai dengan ukuran bahan-bahan tersebut agar lebih efisien dan tidak ada bahan yang terbuang.
2. Membuat rencana denah persegi atau persegi panjang
Sebuah denah kotak atau persegi panjang atau jauh lebih murah dan lebih efisien daripada segitiga atau bentuk bersudut lainnya. Dari sisi bahan bangunan, biasanya melengkung meninggalkan cukup banyak material bangunan.
3. Jangan memilih lokasi medan yang miring
Lokasi di mana Anda ingin membangun sebuah rumah juga menentukan biaya yang harus dikeluarkan. Jadi jangan memilih area dengan kemiringan yang cukup curam karena akan menambah biaya meratakan rumah.
4. Sesuaikan cuaca dan iklim
Perhatikan bentuk dan struktur pembangunan perumahan setempat. Biasanya rumah vernakuler telah mengalami proses uji coba untuk mendapatkan desain yang paling cocok untuk kondisi alam. Melakukan hal ini bisa menjadi contoh untuk menghemat biaya pembangunan rumah.
5. Cari tukang handal atau mandor yang ahli
Jika Anda ingin menghemat biaya membangun rumah dan tidak punya banyak waktu untuk melakukan pengawasan, maka Anda harus menggunakan tukang ahli atau mandor profesional. Mungkin anda akan membayar sedikit mahal, tetapi murah akan biaya konstruksi.
6. Penggunaan bahan bangunan lokal
Untuk menghemat biaya membangun rumah, juga dianjurkan untuk menggunakan bahan bangunan berkualitas sederhana namun tinggi. Anda bisa menggunakan beberapa bahan material lokal. Selain menghemat energi, bahan material lokal juga mudah untuk menemukan. Contoh material lokal seperti pasir, tanah urug, bambu, batu kali, kayu dan bambu.
7. Penggunaan bahan alternatif
Yang terakhir dari tips hemat membangun rumah adalah penggunaan bahan alternatif yang lebih efektif yang Anda akan pakai. Untuk proses bangun rumah, Anda juga bisa memakai bahan-bahan seperti semen mortar, semen fiber, beton aerasi, dan sebagainya.

1.Bangunlah rumah di lokasi yang strategis dan mudah dilalui kendaraan bahan material bangunan. Membangun bangunan di daerah yang terpencil dan sulit untuk mendapatkan dan mengangkut bahan bangunan sehingga hampir pasti menyebabkan kegiatan konstruksi rumah menjadi mahal.
2.Pemilihan bahan semurah mungkin, namun tetap memiliki kualitas tertinggi, selalu begitu membandingkan beberapa bahan alternatif yang dapat dipilih dan digunakan di seluruh pelosok arsitektur rumah untuk mendapatkan harga yang murah untuk rumah.
3.Bangunlah rumah pada waktu yang tepat sehingga dapat mengemat biaya untuk membangun rumah. Misalnya pada hari libur, kadang-kadang harga bahan bangunan atau harga energi yang lebih mahal dari harga biasa, ini dapat beresiko meningkatnya rencana anggaran untuk membangun rumah yang terjangkau.
4.Seoptimal mungkin rencanakan perencanaan gambar desain rumah untuk menghindari hal-hal yang dapat menambah biaya membangun rumah misalnya dari segi pemilihan material bangunan, penentuan luas bangunan rumah dan sebagainya.
5.Buat gambar desain rumah selengkap mungkin sebelum proses membangun rumah, Anda dapat menghemat waktu tukang dalam membangun yang berakibat pelaksanaan kegiatan pembangunan bisa lebih cepat, dan juga gambar kerja desain rumah yang baik juga berguna untuk menghindari pekerjaan bongkar pasang akibat kesalahan membaca gambar yang kurang detail..
6.Pilih pembangun profesional atau kontraktor yang ahli di bidangnya, dengan demikian pasti anda dapat melakukan penghematan waktu dan biaya membangun rumah. Tentunya dengan sumber daya manusia benar-benar mampu membuat rumah yang bagus, mimpi anda dan keluarga akan rumah idaman akan lebih mudah terwujud.
7.Membangun rumah dengan sesedikit mungkin sekat-sekat antar ruang, tapi dengan fungsi yang maksimal, penggabungan antara ruang keluarga dan ruang makan serta dapur yang menjadi satu ruang yang luas akan meminimalkan penggunaan material dinding.

Demikian artikel tentang tips hemat membangun rumah ini ditulis semoga bermanfaat bagi anda yang ingin berhemat ketika membangun rumah idaman.

Incoming search terms:

  • tips membangun rumah
  • cara hemat bangun rumah
  • cara hemat membangun rumah
  • cara membangun rumah murah
  • membangun rumah murah
  • membangun rumah impian
  • tips membangun rumah murah
  • tips membangun rumah dengan biaya minim
  • tips hemat membangun rumah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *