Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

8 Trik Jitu Memilih Septic Tank Bio Terbaik, Murah dan Sehat Untuk Rumah Anda

septic tank bio

Anda bingung memilih penjual septictank yang tepat untuk rumah anda? Septic tank Biotech atau Biofil? Bagaimana dengan Biotank, Bio Seven, Bio Asahi, Biogas, Biofilter, Biotin, Biogift? Wah lha kok banyak banget merek dan jenisnya. Jadi bingung kan mana yang yang cocok dan apa perbedaannya? Nah, ini dia tips memilih septic tank terbaik, sehat, dan ramah lingkungan

Kebutuhan septic tank memang tidak bisa dilepaskan dari bangunan, terutama di kota-kota besar. Di tempat seperti apartemen yang banyak terdapat di Jakarta dan Surabaya, septic tank bio menjadi barang wajib pengembang properti karena kepraktisan dan minim perawatan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana memilih septic tank yang baik, ada baiknya kita mengenal dulu perbedaan antara septic tank biasa (konfensional) dengan septic tank bio.

Septik Tank Konvensional

Septic tank konvensional adalah septic tank yang telah digunakan sejak orang tua kita dulu dan sampai sekarang masih banyak yang menggunakannya. Septic tank jenis ini berbahan beton cor semen dan proses pembangunannya adalah dengan melakukan cor setempat dan harus menunggu kering agar bisa digunakan. Septic tank jenis ini telah dirasa banyak mencemari lingkungan karena air limbah kotoran (tinja) akan meresap dan masuk ke dalam tanah dan mencemari air tanah. Efek dari hal ini adalah air tanah yang digunakan masyarakat lewat sumur-sumur akan tidak lagi menjadi bersih. Air sumur menjadi terasa berbau dan tidak jernih karena talah tercemari air rembesan kotoran dari septic tank. Hal ini dikarenakan septictank konvesional tidak memiliki daya penyaringan (filtrasi) yang baik.

septic tank beton

septic tank beton

Cara kerja septic tank konvensional adalah sebagai berikut:

kerja septic tank konvensional

cara kerja septic tank konvensional


Seperti yang terlihat di atas, cara kerja septic tank konvensional tidak memiliki filtrasi yang baik sebelum dibuang ke air tanah dan selokan/got lewat pipa overflow

kerja septic tank beton

cara kerja septic tank konvensional tanpa overflow

Nah, yang ini malah lebih parah. Air dan kotoran langsung meresap ke dalam tanah tanpa filtrasi atau tidak dibuang lewat pipa overflow

Septic Tank Bio

Septic tank bio muncul ke masyarakat karena dirasa septic tank jenis ini cukup ramah lingkungan karena ampuh mengatasi masalah pencemaran air tanah. Kelebihan septic tank bio adalah menggunanak sistem bio filtrasi yang mampu menyaring air kotoran dari tinja menjadi lebih aman untuk lingkungan dan tidak berbau. Pemasangannya juga praktis tinggal ditanam saja tanpa perlu melakukan cor beton yang harus menunggu kering.

septic tank bio

contoh septic tank bio

Sistem kerja septic tank bio adalah kotoran (tinja+air) yang masuk ke septic tank akan diancurkan oleh alat penghacur yang berbentuk seperti bola-bola kecil (bioball) dan Biofilter Honeycom sehinggal kotoran padat akan berubah menjadi lebih cairan yang mudah buang. Selanjutnya cairan ini akan diurai oleh bakteri pengurai dengan efektif yang terletak di rumah bakteri (bagian tengah septic tank bio). Di dalam rumah bakteri ini juga terdapat Tablet Disinfectan atau Clorin (cairan kimia untuk membunuh kuman dan Penjernih Air yang dapat menghillangkan bau kotoran). Nah, cairan hasil penguraian bakteri inilah yang sudah aman dan bisa terbuang di selokan (got) rumah

bioballs

bioballs

Biofilter Honeycom

Biofilter Honeycom

Cara memilih Septic Tank Bio Terbaik

Jangan bingung ketika anda akan memilih septic tank bio mana yang cocok untuk anda. Memang banyak merk beredar seperti; Biotank, Biotin, Biogift, Bio Seven, Biogas, Bio Asahi, Biofilter. Tapi pilihlah dari merek-merek tersebut yang sudah terbukti kualitasnya. Berikut adalah syarat-syarat yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih septic tank yang tepat:

1.Praktis dan Hemat waktu pemasangan
Pilihkan septic tank yang mudah instalasinya. Pastikan ukuran/ dimensi septic tank cocok/ pas ketika akan ditanam ke rumah anda. Sesuaikan kebutuhan volume septic tank dengan pertimbangan berapa jumlah penghuni rumah.

2.Hemat tempat atau lahan
Septic tank yang bagus dan mahal kadang memang baik, tapi perhatikan juga dimensinya agar tidak memakan tempat/lahan di area rumah tinggal.

3.Tidak membutuhkan perawatan khusus
Beberapa masalah yang mungkin terjadi pada septic tank adalah, mampet karena kepenuhan, bocor, air limbah keluarnya masih bau. Memang septic tank bio dikenal bebas perawatan, tapi apakah anda akan langsung percaya pada septic tank bio berharga murah yang jauh dibawah harga pasar? Untuk itu belilah septic tank pada merk yang terpercaya dan banyak orang yang merekomendasikan

4.Tidak mencemari lingkungan
Memang fungsi utama dari Septic tank adalah agar air limbah yang keluar dari dalam tanki bisa menjadi aman, bersih dan tidak bau. Tapi apakah anda pernah memberhatikan bahan-bahan yang dipakai (fiber+cat pelapis) sebagai kulit pembungkus septic tank bisa aman bagi tanah? Beberapa zat kimia memang dipakai sebagai anti korosif, namun terkadang para penjual tidak memberikan kejelasan mengenai apa saja bahan-bahan pembuat tanki septic tank yang mungkin bisa berbahaya.

5. Berbahan kuat
Septic tank haruslah berbahan kuat agar tidak menimbulkan masalah kebocoran. Serat fiber yang digunakan harus berkualitas tinggi untuk menghidari cepat lapuk/ rusak. Pada bagian rumah bakteri, sebaiknya menggunakan material HDPE dan PVC anti korosif.

6.Dilengkapi dengan sistem disinfectan
Disinfectan atau Clorin adalah cairan kimia yang berfungsi untuk menetralisir kuman dan bisa juga berfungsi sebagai penjernih air yang dapat juga menghilangkan bau pada kotoran.

7. Garansi service 10 tahun
Septic tank yang baik adalah yang minim perawatan (treatment & maintenance). Jangan sampai setelah dipakai beberapa bulan langsung mampet (buntu). Tentu ini akan sangat merepotkan.

8.Dapat digunakan pada daerah dengan debit mata air yang banyak
Masalah yang mungkin timbul pada pemasangan septic tank bio adalah ketika dipasang di daerah dengan debit air tinggi adalah septic tank akan mengambang pada galian tanah karena galian langsung tertutupi air. Septic tank yang yang bermassa ringan mungkin akan kesulitan dalam menanamnya.

Incoming search terms:

  • cara membuat septic tank konvensional
  • septic tank bio
  • cara membuat septic tank ramah lingkungan
  • membuat septic tank murah
  • bio septic tank
  • cara kerja bio septic tank
  • harga septic tank murah
  • harga septic tank bio murah
  • bio tank

Comments

One Response to 8 Trik Jitu Memilih Septic Tank Bio Terbaik, Murah dan Sehat Untuk Rumah Anda

  1. Yudhistira says:

    Permisi saya ingin bertanya

    kalo septic tank bio itu selama pemakaian, cara perawatannya sepeti apa ya? apakah seperti septictank konvensional setelah ditanam dibiarkan saja, atau harus ada penambahan elemen-elemen tertentu setiap bulannya?(cth: tablet desinfectan)

    itu rata-rata garansi 10 tahun ya? setelah 10 th itu bagaimana? apakah perlu diganti septic tank bionya?

    terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *