Pilih Kontraktor Atau Mandor Untuk Bangun Rumah Tinggal

Pilih-Kontraktor-Atau-Mandor

Memiliki rumah idaman adalah impian setiap orang, terutama bagi mereka yang sudah memiliki keluarga. Agar memiliki rumah idaman, mereka harus membangunnya, masalahnya siapa yang pantas membangunnya untuk anda? Pilih Kontraktor Atau Mandor? Memilih dan menentukan siapa pembangun rumah anda memang memakan waktu. Anda harus berhati-hari dalam memilih nya agar tidak salah pilih. Pilihan ini harus dipertimbangkan dan diperiksa dengan hati-hati dan cermat. Memilih menggunakan mandor kerja harian memang lebih murah daripada kontraktor, namun apakah anda sudah memikirkan konsekuensi negatifnya?. Berikut ini kami akan mencoba untuk membahas perbedaan mandor dan kontraktor:

MANDOR

Mungkin bisa lebih murah jika:
1. Anda memiliki banyak waktu untuk memantau pekerjaan sehari-hari dan melakukan pembelian bahan bangunan untuk kebutuhan selama konstruksi.
2.Gambar desain rumah yang lengkap dan detail sehingga mandor tidak kesulitan membacanya dan melaksanakannya. Ingat bahwa tingkat pendidikan mandor kadang lebih rendah daripada kontraktor dan mereka kadang bekerja berdasarkan pengalaman dan intuisi, bukan berdasar teori dan estetika.
3.Bisa membaca gambar kerja dan mengetahui teknis di lapangan.
4.Menguasai tahap-tahap konstruksi bangun rumah
5.Anda juga menguasai teknis dan instalasi di lapangan, tidak hanya mengikuti saran mandor.
6.Mandor dan tukang berkualitas baik dan dapat dipercaya.
7.Jika anda sedikit mengerti seluk-baluk bangun rumah, alangkah baiknya anda mempekerjakan mandor dan tukang dengan borong kerja ketimbang upah harian
8.Anda tetap konsisten dalam pemilihan material sesuai rencana awal, sehingga biaya konstruksi tidak membengkak.

Lebih mahal jika:
1.Ternyata anda cuma punya waktu yang terbatas, sehingga pengawasan dan pengiriman bahan ke lapangan menjadi terganggu dan sering terlambat.
2.Gambar kerja belum sepenuhnya matang dan detail sehingga sering terjadi bongkar pasang karena terlalu banyak kesalahan dalam pembangunannya
3. Tidak menguasai gambar kerja sehingga pekerjaan dapat terjadi tambal sulam.
4. Kurang menguasai prosedur dan tahapan pelaksanaan konstruksi, jadi dapat meningkatkan risiko rendahnya kualitas konstruksi rumah.
5. Tidak mampu me-manage pekerja/ tukang sehingga dapat menyebabkan pelaksanaan pekerjaan menjadi lambat dengan hasil yang kurang optimal.
6. Tidak jujur dan tukangnya tidak berkualitas baik. Mandor sering lari dan menghilang ketika ada masalah dengan konstruksi baik itu bangunan roboh dan mandor salah perhitungan sehingga membawa lari uang termin dari anda.
7. Anda terlalu banyak mempekerjakan banyak sub-sub bidang kerja sehingga biaya menjadi membengkak
8.ada kemungkinan bahan material di lapangan hilang atau dicuri orang karena kurang pengawasan
9. Anda tidak memiliki RAB (rancangan anggaran biaya) sehingga sulit mengontrol pengeluaran biaya bahan material dan upah pekerja.

KONTRAKTOR

Pemilihan kontraktor juga memerlukan perhatian khusus dan tidak asal pilih, sehingga anda bisa mendapatkan kontraktor rumah tinggal terbaik. Anda perlu mencari panduan atau cara mencari kontraktor yang berpengalaman dan bertanggung jawab pada pekerjaan konstruksi rumah anda dan membelanjakan budget anda pada hal-hal yang tepat dan cermat.

Keuntungan mengggunakan kontraktor
1. Kontraktor dapat menghitung dan menentukan total biaya secara detail dan terperinci dan hampir mendekati biaya real, sehingga anda akan terhindar dari pembengkakan biaya dari salah perhitungan.
2. Kontraktor yang benar selalu memiliki staf untuk membuat gambar kerja detail tambahan jika gambar desain masih kurang lengkap. Bahkan kontraktor profesional-pun masih memerlukan gambar detail agar tidak terjadi kesalahan pembangunan pada pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan tingkat detail yang tinggi.
3. Kontraktor memiliki kemampuan dalam me-manage pekerja/ tukang sehingga akan terhindar dari kesalahan-kesalahan yang fatal.
4. Anda tidak perlu membeli bahan material karena itu sudah termasuk dalam harga konstruksi yang ditetapkan kontraktor.
5. Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan bahan material karena itu merupakan tanggung jawab kontraktor yang menjaganya.
6. Anda tidak perlu terlalu banyak memikirkan detail pekerjaan di lapangan karena kontraktor sudah pasti mengetahui atau bisa mengambil keputusan strategis yang tepat berdasarkan teori dan estetika.
7. Kontraktor biasanya lebih memiliki tingkat intelektual yang tinggi yang didapat dari bangku kuliah, sehingga mereka bisa menghitung dengan cermat dan memiliki cara mencegah rugi bangun rumah.
8. Kontraktor yang benar akan selalu memberikan masa garansi atau masa pemeliharaan apabila terjadi kerusakan atau kebocoran pada bangunan yang sudah di serah-terimakan kepada anda. Biasanya garansi bisa berlaku antara 3 sampai 6 bulan dan anda sudah tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Bangunan yang dibangun kontraktor lebih terlihat memuaskan daripada bangunan yang dibangun mandor. Kontraktor biasanya memiliki pengetahuan tentang persiapan rumah menghadapi musim hujan yang dapat menghindarkan anda dari kebocoran yang tidak perlu.

Memilih kontraktor atau mandor tentu menjadi pilihan anda. Pertimbangkan dengan sesama dan detail agar anda terhindar dari mandor yang curang atau kontraktor nakal yang akan merugikan anda nantinya.

Incoming search terms:

  • Apa benar orang kontraktor dan mandor sering membuat orang sengsara dalam mengerjakan proyek
  • arsitek butuh mandor
  • cara jual jasa arsitek atau mandor
  • lebih baik pakai mandor / kontraktor
  • perbedaan mandor dan kontraktor
  • perbedaan pemborong dengan mandor

Comments

comments

One Response to Pilih Kontraktor Atau Mandor Untuk Bangun Rumah Tinggal

  1. Rangga Ramadhani says:

    Bermanfaat sekali info nya bro, terima kasih banyak !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *