Jasa Kontraktor Bangunan atau Renovasi Rumah Murah tapi Nakal, Buat Apa? (bagian2)

jasa-kontraktor-bangunan-telat-dibayar

Artikel ini adalah sambungan dari artikel Jasa Kontraktor Bangunan atau Renovasi Rumah Murah tapi Nakal, Buat Apa? (bagian1)

Kasus 2. Kontraktor bangunan menurunkan kualitas material

Kadang ini dilakukan tanpa pengetahuan dan persetujuan anda. Mereka sengaja mengganti spesifikasi material dikarenakan empat faktor:

  1. Fluktuasi harga material. Naik – turunnya harga material memang tidak bisa diprediksi oleh siapapun baik juga oleh kontraktor. Ketika harga material naik, kadang mereka dengan sengaja mengganti material dengan merek yang berbeda tapi kualitas yang tidak jauh berbeda. Tapi masalah timbul bila spesifikasi material yang diganti tidak sesuai dengan selera sang pemilik rumah, meskipun sang kontraktor bangunan bersikukuh menyatakan bahwa kualitasnya sama.
  2. Mencari keuntungan tambahan. Mereka dengan sengaja menurunkan kualitas material dengan alasan meskipun kulitas diturunkan, toh tidak akan mengurangi kualitas pekerjaan. Item-item yang memungkinkan tindak kecurangan ini biasanya terjadi pada pekerjaan-pekerjaan yang jarang diawasi oleh sang pemilik rumah, misalnya pengecoran beton, campuran plesteran, kayu kusen, cat dinding, engsel pintu-jendela, dan lain sebagainya.
  3. Rumitnya instalasi. Beberapa kontraktor tidak terlalu meng-update ilmu mereka terhadap perkembangan teknologi bahan bangunan yang berkembang pesat. Kadang dengan alasan kesulitan dalam instalasi di lapangan membuat mereka cenderung memaksa pemilik rumah untuk mengganti spesifikasi bahan bangunan dengan merek tertentu yang sudah umum di telinga kontraktor. Produk bahan bangunan yang biasanya cepat perkembangannya adalah produk-produk interior seperti lighting (fitting, lampu dekoratif), kusen aluminium, pemanas air, dan sebagainya.
  4. Mengejar komisi penjualan. Beberapa distributor bahan bangunan memang menjanjikan komisi tertentu terhadap kontraktor yang berhasil menerapkan produk mereka ke dalam proyek. Tentu komisi ini harus dicapai pada kuantitas tertentu agar target penjualan distributor tercapai. Kontraktor mungkin akan merayu si pemilik rumah/ proyek agar menggunakan produk bahan bangunan tertentu agar mendapat komisi yang menggiurkan. Beberapa produk yang memungkinkan untuk kontraktor mendapatkan komisi biasanya produk-produk yang biasanya dipesan dalam jumlah besar dengan harga per itemnya cukup mahal, seperti lantai marmer, granit, cat tembok, instalasi listrik dan lighting, aksesoris kamar mandi (bathup, shower, wastafel), dan lain-lain.

jasa-kontraktor-bangunan-material-jelek

Kasus 3. Garansi kontraktor bangunan tidak sesuai janji

Kontraktor rumah yang bagus bukan saja dilihat dari ketika mereka mengerjakan proyek rumah anda, tapi juga ketika proyek selesai. Ini berwujud dari seberapa relanya mereka menepati janji sesuai garansi yang disepakati bersama. Tapi terkadang kita menjumpai ada oknum pemilik jasa kontraktor bangunan atau renovasi rumah murah tapi lari dari garansi-garansi yang sudah dijanjikannya sendiri. Ini bisa terjadi karena berbagai sebab, antara lain:

  • Kontraktor mengalami kerugian.
    Hal ini memang banyak terjadi ketika pada awal krisis moneter tahun 1998 dimana harga bahan material mengalami lonjakan sangat drastis. Banyak kontraktor yang tidak sanggup meneruskan proyek yang sudah di teken dengan harga sebelum krismon. Ada juga yang tidak mampu menggaransi bagian bangunan yang rusak karena harga bahan bangunan sudah terlajur melonjak.
  • Keuntungan yang tidak sepadan
    Kontraktor juga manusia, mereka kadang bisa mengalami kesalahan dalam menghitung RAB. Beberapa bahan bangunan yang mereka kira murah, ternyata harga sudah naik tinggi, padahal RAB sudah terlanjur ditandatangani dalam SPK. Ketika proyek selesai dan sang pemilik rumah meminta garansi tertentu, bisa jadi si kontraktor enggan menggaransi akibat keuntungan yang mereka tetepkan dahulu tidak sepadan dengan biaya garansi yang pemilik rumah minta.
  • Bahan material terbatas
    Kadang ada beberapa material yang diproduksi terbatas dan sudah tidak diproduksi lagi di masa sekarang. Material seperti keramik lantai dengan motif tertentu kadang bisa tidak lagi dijumpai di pasaran, padahal beberapa bulan lalu masih ada. Tentu ini menyulitkan kontraktor yang sedang menggaransi lantai rumah kliennya yang mengalami kerusakan.

Mencari jasa kontraktor bangunan atau renovasi rumah murah tapi berkualitas memang belum tentu menjadi pekerjaan yang mudah. Namun ketika anda telah mendapatkannya, bukan berarti anda lepas tangan. Tetap diperlukan kontrol dalam setiap detail pekerjaan yang mereka lakukan. Kalau anda lengah, kemungkinan untuk anda dicurangi akan besar peluangnya. Pengawasan ini juga berlaku bukan hanya pada pembangunan rumah kecil saja bahkan tetap diperlukan pada kontraktor rumah mewah sekalipun. Demikian tips ini saya buat, semoga bermanfaat untuk anda.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *