Jasa Kontraktor Bangunan atau Renovasi Rumah Murah tapi Nakal, Buat Apa? (bagian1)

jasa-kontraktor-bangunan-telat

Hidup di jaman sekarang memang serba praktis, semua bisa dicari di google. Ketika anda ingin mencari jasa kontraktor  di lokasi kota anda misalnya, anda tinggal mengetikkan “Jasa Kontraktor Bangunan di Jakarta” atau Jasa Renovasi Rumah di Yogyakarta“. Kemudian dengan sedikit seleksi anda akan menemukan kontraktor bangunan yang tepat. Tapi masalahnya, apakah kontraktor bangunan yang tepat tersebut tidak akan berbuat nakal?
Hmm…bisa iya bisa tidak….
Toh sifat manusia siapa yang tahu. Bisa jadi kontraktor yang sudah terkenal baik eh tiba-tiba malah berbalik berbuat curang.
Bukan maksud saya mendiskreditkan profesi kontraktor, karena saya yakin masih banyak pemilik jasa kontraktor bangunan/ renovasi rumah murah tapi bereputasi baik daripada yang buruk. Berikut beberapa catatan kasus-kasus yang saya peroleh dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa kontraktor.

Kasus-kasus yang Bisa Terjadi Saat Menggunakan Jasa Kontraktor Bangunan atau Jasa Renovasi Rumah

Kasus 1. Jangka waktu pelaksanaan molor

Ini memang merupakan hal biasa yang sering terjadi dan bisa disebabkan oleh konraktor atau pemilik rumah sendiri.

Molor yang disebabkan oleh kontraktor

  • Dikarenakan tidak menguasai manajemen proyek
    Kontraktor yang kurang berpengalaman, bisa jadi tidak bisa memperhitungkan penjadwalan proyek dengan sempurna. Time schedule yang mereka susun tidak dievaluasi dengan benar sehingga mengakibatkan proyek molor dan tidak jelas kapan selesainya.
  • Dikarenakan pemodalan
    Beberapa pemilik jasa kontraktor bangunan atau jasa renovasi rumah bermodal “cekak”, kadang bisa begitu saja mengalihkan dana anda ke proyek mereka yang lain tanpa sepengetahuan anda. Tidak dipungkiri bahwa mereka bisa mengerjakan lebih dari satu proyek rumah untuk dikerjakan sekaligus. Karena mungkin dana di satu proyek tertentu sedang dalam masa kritis/ “seret” tagihannya, mereka bermaksud “meminjam” dana talangan dari proyek rumah anda. Memang kelihatannya tidak fair, tepi begitulah yang sering terjadi, dan mereka sudah menganggap biasa hal tersebut. Kalau mereka tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, bisa tidak mustahil proyek rumah anda menjadi sasaran korban molornya pelaksanaan.

Molor yang disebabkan pemilik rumah

  • Karena termin yang telat
    Kalau kontraktor bangunan belum mengenal anda secara baik dan pribadi, mereka akan langsung menghentikan pelaksanaan begitu anda telat membayar tagihan (termin) kepada mereka. Dana anda seolah menjadi “nyawa” bagi kontraktor bermodal minim untuk melanjutkan keberlangsungan proyek. Dana anda digunakan untuk membayar uang muka material yang mereka pesan di toko bangunan dan membayar gaji tukang tiap minggunya. Ini tidak terjadi pada kontraktor yang sudah berpengalaman dan bermodal besar. Jika mereka sudah mengenal anda secara baik, mereka tidak ragu-ragu menyelesaikan proyek rumah anda sampai selesai meskipun anda hanya baru membayar uang muka (DP). Jasa kontraktor bangunan ini biasanya memang sudah memiliki dana cadangan yang besar atau mereka bekerja sama dengan bank untuk melakukan pinjaman kredit.

Bersambung ke artikel Jasa Kontraktor Bangunan atau Renovasi Rumah Murah tapi Nakal, Buat Apa? (bagian2)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *