Hati-Hati, Ditipu Kontraktor Bangun Rumah Gadungan

kontraktor-bangun-rumah-penipu

Ketika anda sudah memiliki cukup dana untuk membangun rumah, tentu anda ingin segera mewujudkan rumah impian anda tersebut. Setelah anda mendapatkan desain dari arsitek yang anda pilih, nah tiba saatnya anda menentukan kontraktor untuk membangunnya. Masalahnya, ketika anda masih awam tentang seluk-beluk rumah tinggal, maka anda akan rentan terhadap penipuan yang dilakukan kontraktor. Bagi anda yang telah mendapatkan kontraktor dari referensi saudara, teman, tetangga atau dari orang-orang yang sudah anda kenal, maka itu sudah tidak menjadi masalah. Tapi dimisalkan anda adalah seorang pendatang atau perantau dari kota kelahiran anda menuju ke kota tempat anda bekerja, maka anda akan sedikit menemukan referensi yang bisa dipercaya.
Penipu ini biasanya memanfaatkan orang-orang awam yang mencari jasa kontraktor bangun rumah di media massa misalnya koran, selebaran, internet (facebook, twitter). Biasanya mereka memanfaatkan kata-kata yang menggoda seperti “paling murah”, “garansi”, “terpercaya”, dan lain-lain. Bahkan kadang mereka sanggup bisa lebih murah daripada kontraktor kebanyakan. Anda jangan langsung percaya dan bahkan anda wajib berhati-hati.
Ketika misalnya anda telah ketemu langsung dengan mereka, maka mereka akan gencar memprospek anda dengan kata-kata manis mereka. Mereka tidak segan untuk menunjukkan foto-foto proyek yang telah mereka buat. Tentu itu belum tentu foto proyek milik mereka, bisa saja mereka mengambilnya dari internet atau sekedar foto proyek kontraktor lain.
Ini dia modus yang sering dilakukan para kontraktor bangunan penipu.

  1. Mendatangi orang-orang yang ingin membangun rumah dan menawarkan bonus apabila anda mempercayakan pembangunan rumah kepada mereka. Bonus ini bisa beragam, bisa dari gratis pembuatan pagar rumah, atau berupa diskon akhir pembangunan
  2. Menunjukkan bukti-bukti yang terlihat meyakinkan, misalnya foto-foto proyek yang telah mereka kerjakan atau kartu nama dari orang-orang yang telah menggunakan jasa mereka.
  3. Mereka selalu menunjukkan foto-fot proyek yang ada di luar kota tempat anda tinggal agar anda merasa tidak akan sempat membuktikannya.
  4. Selalu berdalih tindak ingin ditemui di kantor karena mereka beralasan selalu ada di proyek.
  5. Kebanyakan dari mereka meminta uang muka (DP) yang besar (50%) dari biaya total bangun rumah. Mereka berdalih akan lebih capat dalam pengerjaannya kalau uang mukanya besar. Biasanya kalau anda telah membayar 50%, maka bisa dimungkinkan mereka akan kabur dan menghilang.

Baiklah, ini dia tips-tips bagaimana anda bisa terhindar dari penipuan berkedok kontraktor bangun rumah. Sebelum mempercayakan pembangunan rumah anda kepada kontraktor, ada baiknya anda mengetahui hal-hal berikut

  1. Reputasi kontraktor
    Ini bisa dilihat dari pengalaman dalam mengerjakan proyek dalam kurun waktu tertentu.
  2. Tenaga ahli yang digunakan
    Bagaimana mereka mempekerjakan mandor, tukang, juru gambar secara profesional.
  3. Melihat langsung proyek yang terbangun
    Usahakan anda melihat langsung proyek-proyek yang telah dibangun kontraktor tersebut dan kalau bisa mengkonfirmasi si pemilik rumah tersebut bahwa kontraktor tersebutlah yang telah membangunnya
  4. Berkunjung ke kantornya
    Kalau bisa, sempatkan anda utuk berkunjung ke kantor calon kontraktor anda. Kredibilitas seorang kontraktor kadang bisa dilihat bagaimana keadaan kantornya, apakah dalam keadaan bersih, tertata rapi, banyak karyawan, pengarsipan data proyek yang baik, dll

Setelah anda melakukan hal-hal di atas, maka sangat kecil kemungkinan bagi anda untuk ditipu kontraktor bangun rumah gadungan. Mengenai kontraktor penipu ini, saya sudah membuat artikel yang lebih detail di sini 7 Cara Jitu Mencari Jasa Kontraktor Bangunan Murah dan Terbaik. Demikian tips ini saya buat mudah-mudahan anda bisa terhindar dari kontraktor penipu yang akan sangat merugikan anda, selamat berburu jasa kontraktor rumah.

Incoming search terms:

  • kata bikin ruma
  • tipuan kontraktot

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *