Cara Mudah Mendesain Denah Rumah Mewah Gaya Minimalis Modern 1 lantai

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-14x

Setelah kita belajar tentang bagaimana cara mendesain denah rumah 2 lantai dengan  studi kasus keluarga B, sekarang kita akan mencoba belajar bagaimana mendesain denah rumah yang sedikit lebih besar untuk keluarga kelas menengah ke atas.

Dimisalkan keluarga C dengan anggota keluarga (yang terdiri dari ayah, ibu, 2 anak dan 1 pembantu), ingin membangun rumah 1 lantai di lahan 15 x 26 m. Ruangan yang diinginkan adalah garasi dan carport, ruang tamu, ruang tidur utama dengan kamar mandi dalam yang dilengkapi bathup, 2 ruang tidur anak, ruang tidur tamu, ruang keluarga, dapur dan minibar, ruang makan, gudang.
Berikut tahapan desainnya

1.Menentukan data penghuni
Sama seperti kasus I yaitu membuat data siapa saja yang akan menghuni rumah.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-01x

2.Membuat program ruang
Membuat tabel program ruang seperti kasus I. Sekali lagi saya ingatkan, tidak perlu terlalu lama memikirkan luas ruangannya, kalau anda sulit memprediksinya, kosongi saja. Luas ruangan akan fleksibel mengikuti garis panduan yang akan dibuat, dan akhirnya di-edit menyesuaikan keinginan kita.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-02x

3.Buat sketsa lahan pada kertas milimeter
Siapkan selembar kertas milimeter lalu tuangkan sketsa lahannya.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-03x

4.Menggambar Garis Bantu (grid)
Karena berlahan luas, saya kategorikan ini adalah rumah mewah. Untuk itu saya sengaja membuat carport agak luas dengan ukuran 3,5 x 6 meter. Saya menetapkan lebar 3,5 sebagai pertimbangan garasi nantinya. Saya berencana 6 x 6 meter, tapi di sini

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-04x
5.Lanjutkan Menggambar Garis Bantu
Saya akan lanjutkan membuat grid ke samping selebar 3,5 meter dengan pertimbangan ukuran kamar tidur (3,5 x 4). Lalu grid selanjutnya tetap 3,5 meter (ruang tamu), dan sisanya saya biarkan 4 meter. Sengaja tidak saya bagi terlalu banyak agar saya mudah mudah menempatkan pembagian ruangnya. Maksud saya agar kotak-kotaknya tidak terlalu banyak dan akhirnya ada sisa kotak yang tidak diisi ruang.
Saya lanjutkan menggambar grid ke atas selebar 4 meter dari garis carport. Bukan karena pertimbangan garasi, tapi saya lebih mengejar ukuran kamar tidur dan ruang tamu yang sama-sama memiliki panjang 4 meter. Sedangkan garasi saya pikir akan bisa fleksibel yang penting tidak kurang dari panjang standar garasi yaitu 5 meter.
Grid selanjutnya adalah berjarak 4 meter dari sebelumnya sebagai pertimbangan ruang keluarga. Kemudian 3 meter dengan pertimbangan dapur, dan 4 meter dengan pertimbangan ruang tidur utama. Saran saya, di awal jangan terlalu sering merubah posisi garis bantu, gambar saja seadanya karena nanti toh akan bisa diubah setelah menempatkan ruang-ruang.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-05x

6.Menempatkan ruang-ruang berdasarkan garis bantu
Saya memasukkan semua ruangan yang terdapat di program ruang mulai dari carport, garasi, ruang tidur, ruang tamu, dst. Garasi sengaja saya buat dua area sekaligus karena panjang 4 meter tidak mencukupi untuk panjang mobil. Di sini kepekaan menempatkan ruang akan diuji. Bagaimana agar semua ruang bisa masuk ke dalam ruang dengan mempertimbangkan sirkulasi aktifitas yang anda inginkan. Ada beberapa pertimbangan yang perlu anda perhatikan:

  • Menempatkan ruang tidur yang memiliki akses bukaan jendela ke luar (taman, halaman) agar ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak pengap.
  • Untuk kamar mandiri (WC) memang sebaiknya memiliki bovenlicht (jendela kecil) untuk sirkulasi udara agar tidak pengap, tapi boleh saja diberi exhaust fan, atau bisa menggunakan atap yang menerus sampai plafon yang di atasnya diberi genteng kaca untuk penerangan alami.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-06x

7.Tambahkan garis bantu
Sekarang saya akan mulai mengedit ruangan-ruangan yang belum pas atau mungkin masih ada yang perlu ditambahkan.
Saya mulai menambahkan garis berjarak 2 meter untuk teras depan. Lalu 1,5 meter untuk membuat area sirkulasi agar garasi memiliki akses samping, dan juga menambahkan gudang dan memperpendek ruang kamar mandi agar tidak terlalu besar. Karena penghuni rumah menginginkan agar taman samping memiliki akses ke depan, maka saya membuat garis vertikal berjarak 1,5 meter dari dinding. Akses jalan ini dimaksudkan agar tukang taman tidak perlu sampai masuk ke dalam rumah untuk melakukan perawatan taman. Tentu nantinya akan ada pintu pagar tersendiri sebagai alasan keamanan. Lalu yang terakhir saya membuat garis berjarak 2 meter untuk membuat tempat cuci pakaian.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-07x

8.Lakukan Trial-Error
Nah, sampai di bagian yang menyenangkan yaitu melakukan sketsa bebas (tanpa penggaris). Saya menebalkan garis bantu yang merupakan posisi dinding yang sudah saya anggap pas. Lalu saya lanjutkan dengan meletakkan posisi pintu. Namun saya masih sedikit merubah beberapa ruangan yang masih perlu disesuaikan, yaitu:

  • Carport sengaja saya lebar-kan agar cukup untuk parkir 2 mobil
  • Gudang saya bagi lagi sebagai akses ke dapur tanpa melewati ruang keluarga
  • Ruang pembantu saya bagi lagi untuk ruang tidur dan kamar mandi pembantu
  • Saya menambahkan juga teras belakang dan gazebo

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-08x

9.Menyesuaikan dinding berdasarkan program ruang
Ruang-yang yang sudah digambar memang sudah tepat posisinya berdasarkan sirkulasi aktivitas yang diinginkan. Tapi kita masih perlu merubah ukuran berdasarkan pertimbangan program ruang yang sudah ditetapkan di tahap 2. Untuk itu saya menggeser beberapa dinding yang dianggap perlu.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-09x

Setelah gambar dirasa sudah pas, saya mulai memperkirakan posisi pintu untuk masing-masing ruangan. Saya juga membagi ruangan pembantu menjadi tiga yaitu kamar tidur, kamar mandi dan sirkulasi menuju ke tempat cuci. Untuk ruang tidur tamu sengaja saya tambahkan juga kamar mandi dalam.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-10x
10.Pindahkah ke kertas HVS putih dan pertebal garis dinding
Setelah melakukan banyak trial-error, tentu kertas milimeter akan terlihat lusuh, untuk itu saya memindahkannya ke kertas HVS putih agar gambar terlihat lebih jelas. Saya lanjutkan dengan mempertebal garis dinding.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-11x

11.Beri pintu, jendela dan perabot lalu evaluasi ulang
Disini saya masih ingin merubah beberapa hal yang dirasa kurang pas

  1. Saya menambahkan tempat untuk taman di depan kamar tidur
  2. Memberi lemari tanam pada ruang tidur tamu dan memundurkan jendela agar ruangan tidak terlalu besar
  3. Menggeser pintu kamar tidur anak untuk menempatkan lemari pakaian tanam dan rak TV
  4. Memberikan coakan pada dinding untuk menempatkan rak sepatu tanam
  5. Mengganti pintu menuju taman samping agar bisa dibuka lebih lebar
  6. Menghapus dinding dapur agar menjadi satu dengan minibar

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-12x

12.Beri warna

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-Mewah-Minimalis-13x

Untuk mendesain denah untuk rumah di lahan besar memang dibutuhkan kerja ekstra, dan kadang bisa jadi anda akan membutuhkan waktu lebih dari sehari untuk merencanakan-nya. Untuk rumah yang sekelas rumah mewah, saya sarankan untuk berkonsultasi pada jasa arsitek yang sebenarnya, karena untuk membangun rumah mewah tentu dibutuhkan beberapa aspek yang berbeda dari mendesain rumah sederhana. Lagi pula anda akan membutuhkan gambar desain yang lebih detail dan lebih lengkap sebagai pertimbangan kontraktor rumah atau pemborong dalam membangun rumah anda.

Jasa Desain Tampak Rumah dan Bangunan

Incoming search terms:

  • desain rumah lebar 3 meter
  • denah rumah 1 lantai 5 kamar tidur
  • Desain rumah mewah
  • sketsa rumah mewah
  • desain rumah lebar 3 5 meter
  • denah rumah mewah minimalis modern
  • cara menggambar rumah mewah
  • denah rumah mewah 2 lantai modern
  • gambar denah rumah mewah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *