Cara Menjadi Kontraktor Rumah Tinggal yang Profesional

menjadi-kontraktor-rumah-tinggal

Apakah Anda pernah membayangkan menjadi seorang kontraktor rumah tinggal yang profesional? membantu orang-orang tertentu dalam mewujudkan rumah idaman mereka. Kontraktor rumah tinggal barangkali bukan profesi yang banyak dipilih banyak orang, namun profesi ini cukup menjanjikan dan menyenangkan ketika ditekuni. Dibutuhkan kemampuan menganalisa dan perhitungan yang tajam jika ingin menjadi kontraktor rumah tinggal yang handal.

Tentunya setiap profesi memiliki risikonya masing-masing, dan begitu juga menjadi kontraktor rumah tinggal. Anda mungkin merasa senang ketika berhasil mencapai atau membangun rumah yang sesuai dengan harapan dan memuaskan pelanggan anda, namun, kadang-kadang ada kemungkinan merugi karena salah perhitungan. Bahkan kadang sering juga dikomplain pemilik rumah gara-gara terdapat kerusakan pada bangunan. Itu sebabnya tidak semua orang tertarik dalam bisnis ini.

Menjadi Kontraktor Rumah Tinggal yang Profesional

Jika anda berminat ingin menjadi kontraktor rumah tinggal yang profesional, Anda dapat mengikuti beberapa kriteria berikut:

1. Profesional
Ini bisa diartikan bahwa Anda harus memiliki keahlian khusus dalam bidang ini. Sebelum membuka usaha kontraktor, seseorang paling tidak pernah bekerja untuk orang lain dan memahami seluk-beluk pekerjaan konstruksi. Mungkin ketika anda punya banyak relasi dan mempercayakan pembangunan rumahnya kepada anda, di situlah anda berani dan percaya diri membangun perusahaan. Untuk menjadi seorang profesional di bidang konstruksi bangun rumah tidak harus ditempuh dengan jalur perguruan tinggi, semua bisa dipelajari ketika anda menyenangi profesi tersebut, karena pelajaran berharga bagi seorang kontraktor justru akan lebih banyak didapatkan di proyek.

2.Tepat waktu
Hal ini berkaitan dengan perjanjian. Pemilik rumah tentu sangat ingin rumah mereka pesan segera selesai terbangun. Jadi setiap minggu mungkin klien akan memeriksa sejauh mana rumah itu dibangun. Bagaimana proses pembangunannya, dll Untuk tujuan ini, ketepatan waktu mutlak harus ditepati oleh si kontraktor sesuai perjanjian kedua belah pihak. Kalau benar-benar tidak bisa menjaga waktu, cobalah untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau klien. Jelaskan mengapa tidak tepat waktu dalam prosesnya, karena itu mungkin terjadi bukan ketidakmampuan pekerja (tukang), tetapi karena sesuatu yang tidak dapat diprediksi sebelumnya, misalnya bencana alam, dll

3. Harga yang kompetitif
Penentuan harga yang harus kompetitif, tidak memberikan harga yang terlalu mahal untuk pelanggan dan tidak terlalu murah. Tetapi jika Anda ingin menetapkan tarif cukup besar dan berbeda dari pesaing anda cobalah komunikasikan kelebihan apa yang anda miliki lebih dari kontraktor lain. Misalnya anda akan menawarkan bonus taman atau pagar di luar budget yang ditentukan. Atau anda bisa menawarkan hal lain untuk memikat pelanggan anda.

4. Garansi
Ini ada hubungannya dengan ketidakpuasan pada surat perjanjian kerja. Kadang-kadang, dalam satu kasus kontraktor tidak dapat memberikan sesuatu berdasarkan perjanjian sebelumnya. Atau bisa juga, misalnya, ada penundaan dalam pelaksanaan rumah sesuai dengan perjanjian. Satu-satunya langkah untuk membangun citra baik dan reputasi anda adalah dengan menawarkan jaminan atau ganti rugi. Dengan demikian, pelanggan senang dan lega kekecewaannya dengan kontraktor tersebut. Garansi ini harus diusahakan sebanding dengan kerugian yang diperoleh klien.

Demikian langkah-langkah dalam menjadi kontraktor rumah tinggal yang sukses dan profesional. Langkah-langkah ini hanya langkah sederhana bagi mereka yang ingin memulai bisnis bangun rumah dengan menjadi kontraktor. Selain itu, anda dapat mengembangkan sendiri sesuai dengan pengalaman anda di proyek.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *