Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Mendesain Denah Rumah 2 Lantai Gaya Minimalis Modern Tapi Unik

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-10x

Setelah sebelumnya kita membahas contoh bagaimana mendesain denah rumah tinggal 1 lantai untuk rumah mungil sederhana, sekarang kita akan lanjutkan tentang bagaimana contoh cara mendesain denah rumah 2 lantai dengan studi kasus renovasi dari rumah 1 lantai.
Dimisalkan anggota keluarga B yang terdiri dari ayah, ibu dan 2 anak menginginkan rumah mereka di-renovasi menjadi 2 lantai dengan alasan anak-anak yang sudah besar dan menginginkan kamar sendiri. Dan pula, mereka membutuhkan kamar tersendiri untuk pembantu baru mereka.

Berikut denah aslinya.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-01x
Keluarga B merasa rumah mereka terasa sempit untuk menaungi aktivitas mereka. Mereka membutuhkan ruang keluarga tersendiri yang terpisah dari ruang tamu, kamar tersendiri bagi kedua anak mereka, kamar tidur utama yang lebih lapang, dapur yang lebih luas dan kamar tidur pembantu beserta kamar mandinya
Berikut tahapan desainnya.

1.Menentukan data penghuni

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-02x

2.Membuat program ruang

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-03x
3.Buat sketsa lahan dan zoning
Untuk lantai 1 lebih diprioritaskan untuk aktivitas bersama seluruh penghuni rumah, jadi ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan dan dapur diletakkan di lantai ini. Untuk tangga menuju lantai 2 diletakkan di tengah rumah, sehingga kamar mandiri terpaksa harus diturunkan beberapa sentimeter agar tetap bisa digunakan dengan nyaman.
Maka pembagian zona untuk lantai 1 adalah sebagai berikut

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-04x

Untuk kamar depan dan ruang tamu dibuat tetap agar tidak terlalu banyak perubahan, kamar tidur belakang difungsikan sebagai ruang keluarga dan dapur, sedangkan lantai atas difungsikan sebagai kamar tidur anak dan kamar tidur utama.

Perubahan ruangan memang masih tetap mengacu pada struktur kolom dan pondasi agar biaya pondasi baru bisa lebih ditekan. Awalnya pemilik rumah menginginkan kamar tidur utama terletak di lantai 1, tapi karena tidak memungkinkan maka mereka bersedia di atas karena kamar bisa lebih luas.

4.Pindahkan sketsa anda pada kertas milimeter dan berikan pintu dan jendela

Karena tidak banyak perubahan (hanya mengganti kamar tidur belakang dengan dapur dan ruang makan), maka kita bisa langsung menempatkan posisi pintu, jendela berikut tangga. Ruang kosong di bawah tangga masih bisa dimanfaatkan untuk kamar mandi dan shower, hanya saja karena ketinggian kamar mandi tidak memungkinkan, maka level (peil) kamar mandi harus diturunkan 3 anak tangga.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-05x

5.Sketsa Lahan dan Zoning Lantai 2
Lantai 1 sudah terlihat pembagian ruangnya, maka sekarang kita berlanjut ke lantai 2. Ruang tengah diperuntukkan sebagai ruang sirkulasi untuk menghubungkan ruang satu dengan lainnya. Ruang depan terdiri dari kamar mandi dan kamar tidur utama. Sedangkan bagian belakang terdiri dari ruang tidur anak dan ruang pembantu lengkap dengan kamar mandinya. Berikut pembagian zona-nya.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-06x
Di sebelah kamar tidur utama sengaja diberi ruang (space) sebagai jalur sirkulasi penghawaan dan pencahayaan di area tangga.
6.Buat Garis Bantu dan Lakukan Trial-Error
Dengan berdasar pada pembagian zona di atas, kita bisa mulai membuat pembagian ruangnya berdasarkan grid (garis bantu).

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-07x
Agar tidak mengganggu privasi keluarga, maka kamar tidur pembantu diberikan akses tersendiri melalui tangga putar di belakang.

Lalu kita sketsa dan pertebal garis-garis yang menurut kita sudah mewakili ruang dengan fungsi yang dimaksud tentunya berdasarkan besarnya kebutuhan ruang. Ini memang paling memerlukan waktu lama diantara pekerjaan yang lain karena kita harus trial and error terus menerus sampai menemukan kombinasi ruang yang pas.

7.Beri pintu dan jendela
Hapus garis-garis yang sudah tidak diperlukan dan mulai tambahkan sejumlah anak tangga sesuai kebutuhan, pintu dan jendela.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-08x

8.Beri perabot dan arsiran
Proses desain telah selesai, dan tinggal mempercantiknya dengan perabot yang sesuai.

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-09x
Dengan denah seperti gambar di atas, maka desain tampak depannya kira-kira seperti berikut ini

Cara-Mendesain-Denah-Rumah-2-Lantai-Minimalis-10x

Jasa Desain Rumah Online Murah

 

Incoming search terms:

  • denah rumah 2 lantai lengkap
  • denah rumah 2 lantai
  • denah tangga rumah 2 lantai
  • konstruksi rumah 2 lantai minimalis
  • denah rumah lantai 2 lengkap
  • cara membuat denah rumah 2 lantai
  • sketsa rumah 2 lantai
  • cara denah rumah 2 lantai
  • cara membuat gambar konstruksi rumah 2 lantai

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *