Cara Mencari Lokasi yang Tepat Untuk Membangun Rumah

lokasi-bangun-rumah

Sebelum membangun rumah, tahapan pertama yang anda lakukan adalah mencari lokasi yang tepat. Biasanya pertimbangannnya ada dua, yaitu harga dan dan dimana.

Harga Lahan
Faktor harga bisa menjadi pertimbangan utama dalam memilih lahan apabila anda berencana membangun rumah berdasarkan budget. Lalu berapa kisaran biaya yang harus anda keluarkan ketika membeli lahan?
Harga lahan biasanya sekitar 17 – 20 % dari total biaya membangun rumah. Tapi tidak menutup kemungkinan menjadi 25 % ketika anda memilih lokasi yang strategis di pusat kota.
Misalkan budget anda 300 juta, maka anda harus membeli lahan seharga 60juta (20% budget), sedangkan sisanya (240 juta) adalah untuk biaya konstruksi termasuk perijinan/ legalitas, material, jasa arsitek dan kontraktor.

Dimana membeli lahan?
Beberapa orang memprioritaskan lokasi strategis, dekat dengan fasilitas umum, supermarket, pintu tol, tempat kerja, dll. Tapi ada juga yang meskipun jaraknya agak jauh dari tengah kota, mereka tetap menyukainya karena alasan ketenangan, pemandangan dan udara yang lebih segar. Apapun pilihan anda sesuaikan budget anda, jangan sampai ketika lahan terbeli tapi dana anda tidak mencukupi untuk konstruksinya.

Berikut beberapa alternatif lahan/ lokasi dan konsekuensinya.

  1. Sawah dan rawa
    Tanah di lokasi ini biasanya tidak stabil, anda harus menentukan pondasi yang tepat dengan menggunakan tes tanah di laboratorium. Urugan tanah dan pemadatan juga diperlukan agar tanah siap untuk pondasi. Untuk rumah 1 lantai memang cukup dengan pondasi batu kali, tapi untuk rumah 2 lantai, anda harus menggunakan tiang pancang agar pondasi lebih kuat menahan beban bangunan. Tiang pancang memang lebih murah dan cepat pemasangannya daripada bored pile, tapi anda juga harus mempertimbangkan bangunan sekitar untuk meminimalisasi retak dinding akibat getaran.
  2. Perkebunan
    Sebaiknya anda menghindari tanah bekas perkebunan atau hutan. Anda akan memerlukan biaya tambahan untuk mengantisipasi adanya rayap. Kebun atau hutan memang menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah (Coptotermes).  Treatmen anti rayap meliputi menyemprotan zat anti rayap pada galian pondasi dan permukaan tanah.
  3. Gunung Kapur
    Anda akan bisa berhemat dalam membangun pondasi ketika membangun di lahan pegunungan batu kapur. ini karena tanah keras biasanya tidak terlalu dalam. Beberapa rumah kadang hanya memerlukan sloof saja karena sudah berdiri di tanah keras/ bebatuan.
  4. Pantai
    Tanah di pantai juga labil. Pondasi anda juga harus menggunakan semen khusus untuk menghindari pengikisan air laut.

Ada begitu banyak jenis pondasi yang ada, mulai dari tiang pancang kayu, tiang pancang beton, pondasi slab, foot plat, dan lain-lain. Selalu gunakan tes tanah dan konsultasikan dengan kontraktor anda mengenai pondasi yang cocok untuk rumah anda. Setelah anda menemukan lokasi yang tepat untuk rumah anda, sekrang waktunya anda untuk mencari kontraktor rumah tinggal yang terbaik.

 

Incoming search terms:

  • lokasi rumah
  • tempat terbaik untuk membangun rumah
  • tanah yang baik untuk dirikan rumah
  • supaya pembangunan rumah ditanah rawa kuat
  • rumah yg cocok bgun di tengah sawah
  • membangun rumah di area bekas sawah
  • cara menentukan tempat yang baik untuk membuat rumah
  • cara menentukan lokasi membangun rumah
  • Tips tempat mendirikan rumah

Comments

comments

2 Responses to Cara Mencari Lokasi yang Tepat Untuk Membangun Rumah

  1. halloartikelnya sangat menarik, izinkan kami untuk menshare nya

  2. diana says:

    infonya cukup menarik dan bagus,, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *