Bagaimana Mendesain Interior Rumah Mungil? (Bagian 2)

kamar-tidur-anak-serba-guna-2

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel pertama Bagaimana Mendesain Interior Rumah Mungil? (Bagian 1)

Untuk kasus ke-2 dan ke-3 ini saya mencoba memberi contoh desain perabot/ furniture bagi keluarga kecil yang memiliki budget lebih tinggi dari kasus ke-1.

KASUS 2

Keluarga kecil dengan anggota keluarga ayah, ibu dan anak tunggal laki-laki menginginkan desain interior untuk rumah dengan luas bangunan 40m2

desain-interior-rumah-mungil-10
RUANG TENGAH
Ruang tengah yang merupakan tempat beraktivitas harus bisa mengakomodasi beberapa kepentingan seperti menerima tamu, ruang keluarga dan ruang makan. Untuk itu ruang tengah diisi dengan beberapa perabot multifungsi agar bisa menaungi seluruh aktivitas keluarga.

desain-interior-rumah-mungil-11

Agar terkesan lebih formal dalam menerima tamu, maka keluarga ini meletakkan satu sofa pendek dan satu sofa panjang, kemudian dilengkapi meja tamu. Meja tamu ini cukup menarik karena bisa digeser ke dalam agar ruangan terasa lebih leluasa. Ruang tamu ini memang sengaja difungsikan juga sebagai ruang keluarga atau ruang menonton TV.

desain-interior-rumah-mungil-12
SOFA RUANG TAMU
Sofa ruang tamu didesain unik dengan meja dan rak built in sebagai meja tambahan dan rak menyimpan buku-buku. Di bawah bantalan sofa juga terdapat 3 laci tempat menyimpan barang. Agar terlihat praktis, laci ini tidak menggunakan handel, tapi terdapat coakan di bawah pintu laci untuk tempat jari ketika akan menariknya.

sofa-ruang-tamu-multi-fungsi
LEMARI TV MULTIFUNGSI
Seklias dari luar, lemari TV ini memang tampak biasa. Tetapi salah satu pintu lemari ini bisa dibuka dari atas dan bisa difungsikan sebagai meja kerja atau meja makan.
rak-tv-multi-fungsi
RUANG TIDUR ANAK

ruang-tidur-anak-multifungsi

Kamar tidur ini memang dibuat bernuansa oranye dan biru sesuai selera anak laki-laki mereka. Bed, meja belajar dan lemari pakaian dibuat built in agar terkesan rapi dan hemat tempat. Ranjang tempat tidur memang bisa diangkat dan dimasukkan kedalam lemari agar terkesan praktis. Hal ini memang sengaja dibuat demikian untuk bisa mengakomodasi kepentingan anak mereka yang sering mengajak teman-temannya untuk belajar bersama di kamarnya.

ruang-tidur-anak-multifungsi
KASUS 3

Keluarga dengan anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan dua anak laki-laki yang berumur 5 dan 7 tahun menginkan desain interior untuk rumah yang berluas bangunan 47m2 .

desain-interior-rumah-mungil-17
RUANG TAMU

meja-ruang-tamu-multifungsi

Ruang tamu sengaja didesain dengan suasana cozy dengan pilihan warna-warna soft. Pemilihan sofa lebih ditekankan pada sofa yang memiliki dua fungsi, selain untuk menerima tamu juga bisa difungsikan sebagai tempat duduk keluarga saat menonton televisi. Yang menarik, meja ruang tamu ini terdapat semacam sayap / meja tambahan yang bisa ditarik dan dimasukkan menyesuaikan kebutuhan. Ketika menginginkan ruang tamu yang luas, meja tamu bisa disimpan di tempat lain tanpa kerepotan. Kerena ukurannya yang mini, meja ini bisa disimpan di mana saja ketika tidak dibutuhkan.
meja-ruang-tamu-multifungsi
LEMARI SEKAT SERBA GUNA

Lemari ini terletak di antara ruang tamu dan dapur dan merupakan penyekat untuk membedakan fungsi ruangan. Terdapat hal menarik pada lemari ini, selain berfungsi sebagai lemari hias ruang tamu, lemari ini juga bisa difungsikan juga sebagai meja makan beserta kursi mininya. Tinggal tarik meja ke belakang dan siap digunakan untuk sandaran makan. Meja disangga oleh 2 papan kayu tanam yang siap ditarik bila digunakan.
Di bawah meja makan terdapat satu kursi serbaguna yang selain bisa digunakan untuk kursi makan, juga bisa sebagai kursi tambahan ketika menerima tamu.

desain-interior-rumah-mungil-20

RUANG DAPUR

Tidak ada yang istimewa pada desain ruang dapur ini karena memang desain dibuat sesederhana mungkin untuk menghindari kesan ruwet akibat ruangan yang menjadi satu dengan ruangan lain (Ruang tamu). Untuk menghemat biaya, rak dapur didesain tidak menggunakan exhoust fan. Untuk itu kompor sengaja diletakkan di dekat jendela, agar uap panas ketika memasak bisa langsung keluar.

desain-interior-rumah-mungil-21

RUANG TIDUR ANAK

Karena memiliki dua anak yang masih kecil, ayah-ibu memutuskan untuk menjadikan kamar tidur ini memiliki ranjang susun yang didesain sedemikian rupa agar tetap menyediakan sisa tempat untuk bermain kedua anak mereka. Tangga menuju ranjang atas selain untuk tempa memanjat, juga didesain terdapat laci yang dapat ditarik untuk difungsikan sebagai tempat menyimpan pakaian dan buku pelajaran. Sedangkan di samping ranjang bawah terdapat meja belajar yang dapat dinaik-turunkan sesuai keperluan. Ketika dipakai untuk belajar, meja ini dapat diturunkan sebagai meja belajar, dan ketika tidak dibutuhkan, meja ini dapat di naikkan agar tempat bermain menjadi lebih luas.

kamar-tidur-anak-serba-gunakamar-tidur-anak-serba-guna-2

Incoming search terms:

  • interior rumah mungil
  • tempat tidur serba guna
  • ruang tamu serbaguna
  • meja multifungsi
  • meja belajar plus tempat tidur
  • lemari makan unik serbaguna
  • desain rak serbaguna
  • desain meja belajar dari kayu kecil panjang
  • desain kamar tidur serbaguna

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *