Bagaimana Mendesain Interior Rumah Mungil? (Bagian 1)

rak-tv-serbaguna

Banyak orang salah menduga bahwa desain interior hanyalah persoalan menata perabot. Menurut mereka, setiap orang bisa melakukannya, tinggal beli perabot di toko lalu ditata perletakannya sedemikian rupa. Ini merupakan persepsi yang salah.

Untuk bahasan desain interior saya sengaja mengerucut kan topik di seputar pembahasan desain interior pada rumah mungil. Sub topik ini kami pilih karena diantara pembaca website ini mayoritas adalah pemilik rumah sederhana yang ingin tahu bagaimana mengoptimalkan ruang yang tidak luas dengan perabot-perabot multi fungsi dan bagaimana agar suasana nya terlihat lega dan lapang.

Saya akan langsung memberikan tiga studi kasus bagaimana mendesain perabot multi fungsi yang diterapkan di rumah mungil

KASUS 1

Sebuah keluarga kecil terdiri dari ayah, ibu dan 2 anak laki-laki menginginkan agar rumah mungil tipe 36 mereka bisa menaungi segala aktivitas yang dibutuhkan. Karena lahan yang terbatas maka ruang tengah harus bisa mengakomodasi segala aktivitas mulai dari ruang tamu, ruang keluarga dan ruang maka.
Berikut tampilan desain dari pandangan atas.

desain-interior-rumah-mungil-01

RUANG TENGAH
Ini merupakan ruang utama bagi setiap anggota keluarga karena di ruangan inilah segala aktivitas banyak dilakukan. Untuk itu keluarga ini sepakat mendesain perabot multifungsi agar ruangan ini bisa menaungi segala aktifitas mulai dari menerima tamu, tempat bercengkerama bersama keluarga dan menonton TV serta tempat makan bersama.

desain-interior-rumah-mungil-02
Ruangan ini didesain bertujuan agar berkesan lapang tapi tetap bisa menaungi banyak aktivitas. Untuk itu, setiap ornamen yang berupa furniture dan pajangan dinding didesain seminimal mungkin agar tidak terlalu ramai dan berkesan sempit. Kursi tamu didesain dengan konsep panggung agar ruangan terlihat bersih dan luas serta mampu menampung lebih banyak orang tanpa membiarkan tamu duduk di bawah. Dengan konsep seperti ini, maka tempat ini juga bisa dijadikan ruang bermain yang luas bagi anak-anak, dan bisa sekaligus sebagai tempat makan.

desain-interior-rumah-mungil-03

 

PERABOT RUANG TAMU

desain-interior-rumah-mungil-04

Selain sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan ruang makan, perabot panggung ini bisa berfungsi sebagai tempat menyimpan barang. Keluarga ini bisa menyimpan apa saja mulai dari bantal, buku-buku, mainan anak dan sebagainya. Dibagian tengah terdapat meja tanam kecil yang dapat ditarik ke atas untuk keperluan meletakkan vas atau minuman.

desain-interior-rumah-mungil-05

 

RAK TV SERBAGUNA

desain-interior-rumah-mungil-06

Rak TV memang terlihat tidak memiliki banyak ornamen untuk menjaga kesan luas. Pintu rak TV ini bisa dibuka dan bisa difungsikan sebagai meja kerja dan meja makan atau pantry. Untuk kursi tambahan memang sengaja dibuat tanpa sandaran agar bisa bergerak dengan fleksibel dan diduduki dengan arah hadap mana saja tanpa memutar nya. Bantal kursi ini bisa dibuka dan terdapat tempat kosong untuk menyimpan sesuatu..

rak-tv-serbaguna

 

KAMAR TIDUR ANAK

tempat-tidur-anak-serbaguna

Keluarga ini menginginkan kamar tidur yang sekaligus bisa dijadikan tempat bermain bagi kedua anak laki-laki mereka yang masih kecil. Untuk itu dibuatlah ranjang tidur sliding yang bisa digeser ketika akan digunakan. Dengan ranjang seperti ini, masih terdapat sisa ruang untuk tempat bermain mereka. Terdapat rak mainan yang menjadi satu (built in) dengan tempat tidur. Terdapat juga laci untuk menyimpan pakaian, mainan dan barang lainnya.

tempat-tidur-anak-serbaguna

Demikian pembahasan saya tentang studi kasus 1 tentang bagaimana mendesain interior untuk rumah mungil sederhana bagi keluarga kecil. Untuk pembahasan studi kasus 2 dan 3 ada di artikel selanjutnya Bagaimana Mendesain Interior Rumah Mungil? (Bagian 2)

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *