7 Tips Bagaimana Mencari Jasa Renovasi Bangunan Rumah Murah dan Terbaik

proses renovasi rumah

Anda sedang akan merenovasi rumah? Inilah tips-tips bagaimana mencari jasa renovasi rumah yang tidak saja murah tapi juga yang terbaik. Merenovasi rumah memang kadang menjadi hal yang merepotkan jika tidak direncanakan sebelumnya. Hal ini dikarenakan merenovasi rumah kadang lebih sulit dan lebih mahal daripada membangun rumah dari awal.

jasa renovasi rumah

jasa renovasi rumah

Mencari kontraktor atau pemborong jasa renovasi rumah memang gampang-gampang susah. Bisa menjadi gampang kalau anda sudah mempunyai kenalan pemborong atau tukang yang sudah menjadi langganan anda, dan bisa menjadi sulit kalau anda tidak mempunyai referensi sebelumnya. Bisa jadi anda baru pindah dari kota lain ke kota baru yang anda tidak mempunyai banyak kenalan pemborong untuk anda percayai.

Salah satu prinsip penting ketika akan mencari tukang renovasi rumah di kota anda adalah, anda harus nyaman ketika berkomunikasi dengan si calon pemborong anda. Akan sangat nyaman dan menenangkan ketika anda bekerja sama dengan seseorang yang akan bisa merasa akrab dengannya. Anda tidak akan lagi merasa sungkan (tidak enakan) dalam mengutarakan maksud anda kepad si tukang dan hubungan profesionalpun bisa segera terbangun. Tentunya komunikasi yang nyaman dan bukan jaminan bahwa kontraktor anda akan profesional ketika bangun rumah mulai awal sampai berakhir. Banyak tukang jasa bangun dan renovasi rumah yang nyaman diajak ngobrol pas di awal pekerjaan dimulai, namun ketika renovasi telah atau akan selesai atau terdapat masalah yang diluar kendali mereka, bisa jadi mereka menjadi tidak senyaman pas di awal.

Baiklah, ini dia 7 tips bagaimana mencari jasa renovasi yang murah dan tepat bagi rumah anda.

Memilih jasa renovasi dan bangun rumah butuh tahapan-tahapan yang yang perlu anda lakukan jikalau anda ingin mendapatkan jasa yang profesional dan tidak tertipu oleh tukang renovasi abal-abal atau penipu. Ok, berikut langkah-langkahnya:

1.Bagaimanapun juga, referensi dari keluarga dan teman akan sangat perlu. Tentu mereka akan membantu anda dengan merekomendasikan jasa renovasi yang telah mereka gunakan sebelumnya. Apabila mereka tidak punya referensi tukang/ pemborong, anda bisa menanyakan kepada tetangga anda. Tukang jasa renovasi yang baik akan banyak dikenal dari mulut ke mulut dan biasanya banyak orang yang tinggal di perumahan yang bisa merekomendasikannya

2.Pilih lebih dari satu jasa renovasi bangunan dan lakukan seleksi atau semacam tender kecil. Tanya dan tawarkan pada masing-masing pemborong/ kontraktor untuk menghitung berapa anggaran biaya untuk merenovasi rumah anda secara detail. Tentunya anda juga harus merinci secara detail apa saja yang perlu direnovasi agar si kontraktor bisa menghitung secara detail dan akurat. Kalau bisa anda juga menghitung sendiri secara kasar rencana anggaran dan biaya (RAB) sebagai pembanding (cross check) agar mudah meneliti nantinya.

3.Temui pemborong yang mengajukan RAB tadi dan teliti lebih lanjut apakah ada pekerjaan yang kurang. Kalau anda masih kurang jelas, anda juga bisa menanyakan asal-usul biaya yang mereka tetapkan dan apakah ada biaya-biaya yang masih bisa ditekan untuk mendapatkan harga yang lebih murah

4.Pertimbangkan dari beberapa pengajuan RAB dari pemborong tadi untuk anda pilih. Dalam menentukan jasa renovasi rumah jangan selalu mengambil yang termurah. Pertimbangkan juga pengalaman si pemborong dan orang-orang yang merekomendasikannya. Kadang murah bisa jadi murahan, beberapa jasa renovasi rumah memang menetapkan harga murah karena tidak semua item pekerjaan dimasukkan. Atau kadang mereka merupakan kontraktor baru jadi salah perhitungan dan tidak memiliki update terbaru harga material bangunan.

5.Tanyakan kepada tukang jasa renovasi bangunan tersebut beberapa item pekerjaan yang anda kurang jelas. Tanyakan juga mengenai garansi dan perawatan apabila pekerjaan renovasi telah selesai. Beberapa kontraktor memang menetapkan harga murah dikarenakan mereka akan membebankan biaya pekerjaan tambahan ketika proyek sedang dikerjaan. Nah inilah potensi pembengkakan renovasi rumah akan sangat mungkin terjadi.

6.Agar anda lebih yakin dan percaya diri, mintalah sang kontraktor untuk menujukkan beberapa proyek pekerjaan rumah tinggal yang telah mereka bangun atau renovasi. Lihat bagaimana kualitas pekerjaan mereka dengan mengunjunginya langsung ke lokasi.  

7.Dan yang terakhir adalah garansi. Tanyakan apakah mereka menggaransi apabila renovasi telah selesai. Apabila terjadi kerusakan apakah sang kontraktor masih bisa memberikan perawatan secara gratis. Beberapa pekerjaan misalkan pekerjaan atap, kadang kebocoran akan sulit dideteksi. Penghuni rumah baru bisa mengerti telah terjadi kebocoran di saat musim penghujan tiba. Beberapa masalah lain kadang terdapat pada dinding yang lembab dan timbul bercak-bercak karena sang tukang renovasi kurang mengantisipasinya.

Demikian tahapan dalam mencari Jasa renovasi rumah murah namun berkualitas. Memang sedikit dibutuhkan ketelitian dalam mencarinya, tapi dampaknya akan sangat membantu anda dalam merenovasi rumah. Oh ya, sekedar info, untuk anda yang membutuhkan jasa renovasi dan jasa kontraktor di Gresik atau Lamongan, anda bisa klik di sini; Jasa Kontraktor Gresik. Sedangkan untuk jasa renovasi rumah di Surabaya, anda juga bisa menghubungi juga di link tersebut.

 

Incoming search terms:

  • renovasi bangunan
  • renovasi rumah
  • jasa renovasi rumah
  • mencari pekerjaan renovasi rumah
  • cara mencari pekerjaan renovasi rumah
  • jasa bangundan renovasi rumah

Comments

One Response to 7 Tips Bagaimana Mencari Jasa Renovasi Bangunan Rumah Murah dan Terbaik

  1. Sebuah artikel yang menurut saya sangat bagus serta menambah pengetahuan bagi saya. Saya setuju dengan apa yang dijelaskan dalam artikel ini, memang tidak gampang dalam memilih kontraktor yang akan membangun keseluruhan rumah kita. Salah memilih kontraktor dapat berakibat buruk, karena akan merugikan pemilik rumah itu sendiri dengan mengeluarkan budget yang diluar anggaran yang ditetapkan. Informasi yang sangat bermanfaat bagi para pembaca, terima kasih banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *