3 Alasan Mengapa Anda Harus Mendesain Sendiri Rumah Anda

manfaat-desain-sendiri-rumah

Mengapa banyak orang mengeluh akan harga jasa arsitek yang mahal ketika akan mendesain-kan rumah mereka? Mereka merasa biaya tersebut terlalu besar untuk rumah sederhana yang akan mereka bangun.

Orang-orang tersebut lalu berusaha mendesain sendiri rumah mereka dengan mengumpulkan banyak referensi dari tabloid, majalah, koran, internet, berkeliling kota memotret rumah yang mereka anggap bagus dan sebagainya.
Dalam hati mereka berkata:
“aku pengen pintunya mirip rumah itu, jendelanya mirip rumah ini, bentuknya ada ornamen dari rumah itu, atapnya seperti rumah ini,…..dst.

Setelah melihat begitu banyak referensi gambar rumah yang dikumpulkan, mereka tidak bertambah jelas namun malah bertambah bingung, “bagaimana bisa menggabungkan begitu banyak permintaan pada satu rumah?”.
Akhirnya mereka mencoba membuat sketsa sederhana….diatas selembar kertas..

Setelah begitu banyak mencorat-coret, mereka tidak menghasilkan sebuah gambar rumah yang mereka inginkan. Akhirnya mereka menyerah dan menyerahkan desain pada kontraktor atau pemborong bangunan yang notabene belum tentu tahu apa yang mereka sebenarnya inginkan.

Apakah anda pernah mengalami hal di atas?

Jangan khawatir, itu adalah hal yang wajar dan banyak orang mengalaminya.
Menurut saya, mendesain rumah itu mudah asal tahu caranya. Bahkan anda tidak perlu memiliki keahlian khusus atau bahkan tidak harus kuliah arsitek.

Lho kok bisa….?
Lalu apa gunanya orang berkuliah arsitek kalau setiap orang bisa mendesain sendiri rumah mereka. Bukannya arsitek jadi gak laku?

Nanti dulu…jangan salah paham.

Memang benar bahwa setiap arsitek memiliki keahlian dalam mendesain rumah dengan segala macam seluk beluknya mulai dari instalasi listrik, instalasi air, interior, taman, ornamen yang indah, dan lain-lain. Tapi kebanyakan orang yang mampu menggunakan jasa mereka adalah mereka yang benar-benar memilik alokasi dana lebih dan merasa bahwa mendesain rumah itu terlihat sulit.

Tahukah anda bahwa sekitar 95% rumah tinggal yang ada di Indonesia saat ini didesain tidak menggunakan jasa arsitek?

Coba anda lihat rumah-rumah di kampung, tentu jumlahnya jauh lebih banyak dibandingkan dengan rumah yang ada di kawasan elit. Coba anda tanya pada orang-orang di kampung (bahkan yang memiliki rumah paling bagus sekalipun), apakah mereka menggunakan desain rumah dari arsitek? Faktanya kebanyakan rumah mereka dibangun tanpa desain khusus dan hanya mengandalkan pengalaman pemborong dan tukang dalam mengerjakannya.

Saya memiliki paman yang bahkan hanya mengandalkan intuisi ketika membangun rumahnya. Beliau hanya membuat sketsa di secarik kertas buram, lalu diserahkan pada seorang mandor dan tidak lama kemudian langsung dibangun. Bagaimana dengan desain tampak rumahnya? Paman saya hanya mengajak si mandor jalan-jalan seputar perumahan dengan menunjukkan bagaimana bentuk rumah yang diinginkannya. Sekarang rumah tersebut sudah jadi dan paman saya puas dengan hasilnya.

Bagaimana orang-orang yang tinggal di perumahan? Tentu mereka sudah membeli rumah jadi yang sudah didesain developer, tapi ketika akan merenovasi, merekapun kebanyakan langsung menggunakan mandor atau pemborong.

Saya tidak bermaksud melarang anda pergi arsitek, tapi justru saya sangat menganjurkannya jika anda tidak memiliki waktu mendesain sendiri atau memiliki dana lebih. Seorang arsitek profesional akan dengan senang hati membantu anda.

Tapi bagamana jika anda hanya menginginkan rumah sederhana yang nyaman dan memiliki waktu luang untuk mendesain sendiri rumah anda. Mungkin anda merasa cukup kreatif umencoba sendiri mendesain rumah anda dan ingin banyak berhemat tanpa menyewa arsitek.

Baiklah paling tidak izinkan saya akan untuk menunjukkan manfaat apa saja yang anda peroleh dengan mendesain sendiri rumah anda.

  1. HEMAT BIAYA
    Di jaman yang serba mahal ini siapa yang tidak ingin berhemat. Dengan mendesain sendiri rumah anda, maka anda akan bisa berhemat jutaan rupiah tanpa menyewa jasa arsitek. Lebih baik dananya digunakan untuk tambahan membangun rumah atau untuk membeli perabot kelak.
  2. LEBIH CEPAT
    Lho…..bukannya mendesain sendiri malah lebih lama?
    Maksud saya ‘lebih cepat’ adalah anda tidak perlu repot-repot mencari arsitek yang sesuai untuk mendesain rumah anda. Bisa jadi ketika anda menemukan yang cocok, harga jasa yang mereka terlalu mahal, anda harus mencari yang lain dan malah akan membuang-buang waktu. Dengan berusaha mendesain sendiri, yang anda lakukan hanyalah mengambil secarik kertas dan mulai menggambar tanpa menunggu orang lain.
  3. LEBIH MEMAHAMI KEINGINAN PRIBADI
    Yang paling mengerti keinginan anda adalah anda sendiri, jadi kenapa tidak anda sendiri yang menggambar-nya. Anda akan lebih cepat tanpa perlu berusaha menerjemahkan keinginan anda ke orang lain (arsitek). Kalau anda menggunakan arsitek, belum tentu mereka bisa menangkap maksud anda. Bisa jadi desain rancangan arstek tidak sesuai dengan keinginan anda dan akan ada banyak sekali revisi yang melelahkan dan buang-buang waktu.

Nah, anda paling tidak sudah paham kan manfaat mendesain sendiri rumah anda. Lho, trus bagaimana cara mendesainnya?….
Tenang, sudah saya berikan panduannya di artikel 14 Tahapan dan Cara Membuat Sendiri Desain Denah Rumah Mungil Minimalis Sederhana. Segera ikuti panduannya dan praktekkan agar anda cepat mahir dalam mendesain rumah

Incoming search terms:

  • kalau mau membuat rumah pakai jasa arsitektur atau desain interior
  • kenapa kita harus menggunakan gambar saat akan membangun rumah?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *