3 Alasan Mengapa Anda Harus Membangun Rumah Hemat Energi

rumah-hemat-energi-2

Desain rumah yang baik tentunya tidak sekedar indah, namun juga juga harus menyehatkan penghuninya dan hemat energi dalam pembangunannya maupun pengoperasiannya. Rumah Hemat Energi (RHE) menekankan pada aspek-aspek penghematan energi pada elemen-elemen rumah tinggal namun masih berhubungan erat dengan aspek kesehatan penghuninya.

Tren RHE merupakan topik yang cukup hangat dan berkembang akhir-akhir ini di seluruh dunia. Hal ini cukup masuk akal mengingat harga bahan bakar yang melambung tinggi dan dampak dari pemanasan global yang kian hari kian bertambah parah. Di manamana orang mulai berinisiatif berhemat dalam membangun rumah. Langkah tersebut memang tepat karena dengan membangun rumah sehat hemat energi, seseorang bisa berhemat sampai 50% dari tagihan listrik bulanan dibandingkan dengan rumah biasa.

Di Cina, 1,6 milyar meter persegi perumahan baru yang dibangun setiap tahun, 3 persennya adalah rumah sehat hemat energi. Mereka juga menyadari perubahan iklim yang terjadi di planet kita dan urgensi dalam mengambil tindakan dengan membangun rumah sehat hemat energi. Di Amerika, satu keluarga umunya menghabiskan sekitar $ 1.900 per tahun untuk tagihan listrik rumah dan sebagian besar konsumsi energi terbuang percuma karena hal-hal yang kurang perlu.

Mengapa Rumah Hemat Energi

Berdasarkan pengamatan dari sekitar 2.500 ilmuan dari 130 negara yang dinaungi oleh institusi di bawah PBB, menyebutkan bahwa selama kurun waktu tahun 1990-2005 terjadi pengingkatan suhu global antara 0,15oC sampai -0,3 oC di seluruh bagian bumi. Jika keadaan seperti berlanjut terus, maka diperkirakan tahun 2040, lapisan es di kutub utara dan selatan akan habis meleleh dan bisa dipastikan sebagian besar daratan akan tenggelam.

Ternyata kebutuhan akan RHE sudah cukup diperlukan untuk memperlambat resiko pemanasan global.

Berikut saya berikan 3 alasan kenapa Rumah Hemat Energi itu perlu.

  1. Mengurangi resiko pemanasan global dengan berhemat dalam pemakaian energi.
  2. Menyehatkan penghuni rumah dengan surkulasi udara alami dan pemakaian material bebas polusi.
  3. Anda bisa menghemat dana anda dalam pembangunan rumah karena pemakaian energi yang hemat, dan irit dalam pemakaian material.

Incoming search terms:

  • alasan membangun rumah

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *